Keterampilan Berbahasa (Menulis Ilmiah)

KARYA TULIS ILMIAH

Deskripsi Materi:

Karangan ilmiah adalah tulisan atau karangan yang disusun berdasarkan cara berpikir yang logis. Karangan ilmiah menyajikan masalah-masalah yang apa adanya/fakta dan tidak berdasarkan khayalan/fiksi.

Dari segi bahasa, karangan ilmiah memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Menggunakan kalimat efektif
  2. Menghindari kalimat yang bermakna ambigu (bermakna ganda)
  3. Menghindari kata yang bermakna konotatif

Secara garis besar, karya/ karangan ilmiah terdiri atas bagian berikut.

  1. Bagian pendahuluan: latar belakang masalah, identifikasi masalah, rumusan masalah, tujuan penulisan, metode pengumpulan data, manfaat penulisan, sistematika penulisan
  2. Bagian isi pembahasan
  3. Bagian penutup: kesimpulan dan saran
  4. Daftar pustaka dan lampiran

Pada bagian pendahuluan terdapat latar belakang masalah dengan mengungkapkan hal-hal yang melatar belakangi pembuatan karya ilmiah. Bagian ini mengungkapkan landasan pemikiran pemilihan judul atau permasalahan yang akan diuraikan. Secara khusus hal-hal yang dijelaskan dalam latar belakang diperinci kembali pada identifikasi masalah. Pada bagian perumusan masalah mengulas permasalahan-permasalahan yang akan diuraikan. Hendaknya permasalahan dibatasi pada hal-hal yang penting saja. Rumusan permasalahan hendaknya berupa pertanyaan yang berkaitan dengan tema. Kata tanya yang sering digunakan pada rumusan masalah adalah bagaimana, apa, dan mengapa. Pada bagian tujuan penulisan menguraikan maksud penulisan karya ilmiah tersebut, hendaknya diuraikan secara singkat.

Pada bagian metode pengumpulan, data diungkapkan metode yang digunakan untuk data dan menganalisisnya. Pada bagian manfaat penulisan diuraikan manfaat penulisan bagi pihak-pihak yang terkait. Pada bagian sistematika penulisan diungkapkan sistematika/ urutan karya ilmiah/ tulis yang akan disusun bab demi bab.

Pada bagian pembahasan diuraikan hasil laporan penelitian/ pengamatan yang dibahas dalam karya ilmiah. Bagian ini merupakan esensi dari karya ilmiah. Hal-hal yang dibahasa pada bagian ini harus sesuai dengan hasil yang didapatkan dari hasil pengamatan/penelitian.

Pada bagian penutup terdapat simpulan dan saran yang merupakan inti dari uraian yang telah dijelaskan. Simpulan harus dirumuskan secara jelas dan tegas. Pada bagian daftar pustaka dan lampiran berisi sumber-sumber pustaka yang digunakan sebagai awal penulisan dan lampiran-lampiran jika ada. Secara berurutan unsur yang terdapat dalam daftar pustaka antara lain; nama, tahun, judul, kota terbit, dan penerbit. Penulisan nama pada daftar pustaka dilakukan dengan pembalikan (kata terakhir pada nama diletakkan di depan dan tidak mencantumkan nama gelar). Selain itu, jika penulis terdiri dari dua orang, maka pembalikan nama hanya pada penulis pertama. Kemudian, jika penulis terdiri dari tiga orang atau lebih, maka penulisan nama hanya nama penulis utama dan dilengkapi dengan (dkk). Pada penulisan judul harus ditulis dengan huruf miring dan kaidah penulisan judul yang benar.

 

Soal-soal dan Pembahasan

1.     Tema : Teknologi dan Manfaat Bagi Manusia

Rumusan permasalahan dari tema karya tulis tersebut adalah ….

  1. Apakah teknologi bermanfaat bagi kehidupan manusia?
  2. Apa manfaat teknologi bagi kehidupan manusia?
  3. Mengapa teknologi bermanfaat bagi kehidupan manusia?
  4. Kapan teknologi dimanfaatkan bagi kehidupan manusia?

Rumusan permasalahan karya tulis dengan tema di atas yang tepat adalah “Apa manfaat teknologi bagi kehidupan manusia?”, karena dengan mencari jawaban mengenai apa saja manfaat teknologi bagi kehidupan karya tulis itu dapat dikembangkan. Rumusan A tidak tepat karena jawabannya hanya bermanfaat atau tidak. Rumusan C atau D tidak sesuai dengan tema.

Jawaban B.

 

2.     Identifikasi masalah karya ilmiah :

  1. Apa bahaya merokok?
  2. Apa seluruh anggota masyarakat memahami bahaya merokok?
  3. Apa pengaruh rokok bagi kesehatan?

Latar belakang masalah yang tepat berdasarkan identifikasi masalah tersebut adalah ….

  1. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menyaksikan orang merokok dengan bebasnya. Padahal, iklan bahaya merokok telah didengungkan di mana-mana. Bahkan, pada bungkus rokok pun dituliskan. Berdasarkan hal itulah, penulis bermaksud meneliti bahaya merokok bagi kesehatan.
  2. Bahaya merokok telah ditulis di setiap gang. Semua orang sudah memahami keuntungan dan kerugian merokok. Untuk itulah, perlu adanya penelitian yang menyangkut hal itu.
  3. Memang merokok itu nikmat bagi penggemarnya. Setiap orang bebas merokok. Sesuai poster “Bebas Rokok” ini perlu diteliti keunggulannya
  4. Setiap orang hampir tak bebas dari asap rokok. Banyak orang merokok tanpa memedulikan lingkungannya. Oleh karena itu, sebaiknya diteliti kandungan rokok.

Latar belakang masalah yang tepat berdasarkan identifikasi masalah tersebut adalah jawaban A.

Pilihan jawaban B, karena terdapat pilihan kata yang tidak tepat, …telah ditulis di setiap gang. Kalimat kedua bertentangan dengan kalimat ketiga sehingga tidak logis. Pilihan jawaban C tidak tepat karena terdapat pertanyaan dengan slogan. Pilihan jawaban D tidak tepat karena menggunakan, …sebaliknya diteliti kandungan rokok. Jawaban A.

 

3.     Akhir-akhir ini tingkat kecelakaan lalu lintas makin meningkatkan. Bertambahnya jumlah kendaraan bermotor yang memadati jalan raya dan perilaku ugal-ugalan pengendara merupakan sebab terjadinya kecelakaan.

Rumusan masalah berdasarkan latar belakang tersebut adalah ….

  1. Kapan tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan raya meningkat?
  2. Apa penyebab perilaku pengendara bermotor ugal-ugalan di jalan raya?
  3. Bagaimana cara menekan tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan raya?
  4. Mengapa tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan raya meningkat?

Rumusan masalah ditulis berdasarkan latar belakang masalah. Rumusan masalah merupakan pertanyaan-pertanyaan mengenai masalah yang akan dibahas. Latar belakang menyebutkan adanya tingkat kecelakaan lalu lintas yang meningkat. Jadi rumusan masalah yang tepat, yaitu Bagaimana cara menekan tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan raya? Jawaban C.

 

4.     Judul karya tulis : Narkoba dan Bahayanya

Paragraf pengantar yang tepat untuk karya tulis dengan judul tersebut adalah ….

  1. Narkoba adalah barang yang mengandung zat adiktif berbahaya. Zat ini dapat membuat ketergantungan yang berbahaya.
  2. Penyebaran narkoba telah merambah segala lapisan. Tidak hanya mahasiswa, siswa SMA, siswa SMP, dan SD pun telah terkontaminasi. Oleh karena itu perlu adanya penelitian tentang narkoba dan bahayanya.
  3. Orang yang telah kecanduan narkotika sulit penyembuhannya. Siapa pun tidak dapat menyembuhkan. Penyembuhan berhasil kalau datang dari diri sendiri.
  4. Narkoba harus diberantas. Para pelaku yang terlibat harus dihukum seberat-beratnya, tanpa pandang bulu. Tanpa hukuman berat pelaku tak akan jera.

Paragraf pengantar karya tulis dengan judul “Narkoba dan Bahayanya“ yang tepat adalah jawaban B. bagian yang menunjukkan sebagai pengantar adalah,”,…perlu adanya penelitian….” Pilihan jawaban A, C, dan D bukan merupakan bagian pengantar, melainkan bagian isi karya tulis. Jawaban B.

 

5.     Perhatikan ilustrasi berikut!

Dalam menulis makalah Anastasia menggunakan buku rujukan yang berjudul “Media Pengajaran”. Buku tersebut ditulis oleh Azhar Arsyad dan diterbitkan oleh PT. Raja Grafindo Persada di Jakarta pada Tahun 2000.

Penulisan daftar pustaka yang benar untuk buku tersebut adalah ….

  1. Arsyad, Azhar. 2000. Media Pengajaran. Raja Grafindo Persada : Jakarta .
  2. Arsyad, Azhar. Media Pengajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada . 2000
  3. Arsyad, Azhar. Media Pengajaran. Raja Grafindo Persada : Jakarta .
  4. Arsyad, Azhar. 2000. Media Pengajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada .

Urutan penulisan daftar pustaka yang benar adalah nama pengarang, tahun terbit buku, judul buku, kota penerbit, dan nama penerbit. Jawaban D.

 

Soal-soal Pelatihan

 

1.     Tema : Upaya meningkatkan kemampuan menulis melalui media gambar.

      Rumusan masalah yang tepat berdasarkan tema tersebut adalah …

A.    Kapan menulis puisi dilakukan dengan media gambar?

B.    Apakah media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa?

C.    Mengapa perlu meningkatkan kemampuan menulis siswa?

D.    Bagaimana media gambar mampu meningkatkan menulis puisi siswa?

 

2.     Di desa Suka Maju terdapat 50 persen anak lulusan SD tidak dapat melanjutkan ke SMP. Orang tua mereka, yang sebagian besar bekerja sebagai buruh tani, merasa tidak mampu membiayai anaknya melanjutkan sekolah. Oleh karena itu, diperlukan suatu usaha agar anak-anak tersebut dapat melanjutkan sekolah.

Rumusan masalah berdasarkan latar belakang tersebut adalah …

A.    Bagaimana upaya orang tua agar lulusan SD di Desa Suka Maju dapat melanjutkan  ke SMP?

B.    Mengapa harus dilakukan agar anak lulus SD di Desa Suka Maju?

C.    Bagaimana upaya meningkatkan persentase  melanjutkan ke SMP bagi siswa lulusan SD Suka Maju?

D.    Kapan upaya harus dilakukan agar anak lulusan SD di Desa Suka Maju dapat melanjutkan ke SMP ?

 

3.     Judul karya tulis : Pengaruh HP terhadap Prestasi Belajar

Paragraf pengantar untuk memulai latar belakang masalah adalah …

A.    Handphone merupakan salah satu alat komunikasi yang praktis yang dapat dibawa ke mana-mana. Oleh karena itu, bagi mereka yang tidak memiliki, maka akan ketinggalan informasi.

B.    Telepon seluler merupakan salah satu teknologi yang canggih. HP termasuk salah satu di antaranya. Jangan anggap enteng HP ini. Secara sepintas mereka sangat senang bermain, tetapi  mereka tidak akan konsentrasi pada pelajaran.

C.    Handphone merupakan salah satu jenis dari telepon seluler. Para pelajar banyak yang menggunakan HP. Mungkin ada yang bertujuan hanya untuk berkomunikasi dengan keluarganya, tetapi banyak juga yang bertujuan lain, misalnya untuk kencan.

D.    Handphone mempunyai pengaruh yang besar terhadap pelajar. Terutama akan berpengaruh pada hasil dari mereka. Pengaruh yang ada yaitu pengaruh positif dan pengaruh negatif.

 

4.     Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menyaksikan orang merokok dengan bebasnya. Padahal iklan bahaya merokok telah didengungkan di mana-mana. Bahkan, pada bungkus rokok pun dituliskan. Berdasarkan hal tersebut, penulis bermaksud meneliti bahaya merokok bagi kesehatan.

Rumusan masalah berdasarkan latar belakang tersebut adalah …

A.    Bagaimana masyarakat belum memahami bahaya merokok ?

B.    Bagaimana langkah-langkah untuk mencegah penyebaran rokok ?

C.    Apa sajakah bahaya dan pengaruh rokok bagi kesehatan ?

D.    Kapan perlu diperintahkan larangan merokok ?

 

5.     Sampah di pasar menumpuk. Penyebabnya adalah di pasar banyak sisa pembungkus sayuran dan buah-buahan. Lama kelamaan sampah itu semakin bertumpuk dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

      Saran berdasarkan karya ilmiah tersebut adalah …

A.    Janganlah berbelanja di pasar karena pasar sangat kotor.

B.    Kebersihan pasar harus selalu dijaga karena merupakan tanggung jawab bersama.

C.    Perbanyak petugas kebersihan pasar karena itu murni tanggung jawabnya.

D.    Pedagang maupun pembeli boleh tidak peduli atas kebersihan pasar.

 

6.     Sebuah buku berjudul “Panduan Haji dan Umroh”  disusun oleh H.M. Iwan Rosyadi pada tahun 2004. Buku tersebut diterbitkan oleh Pustaka Warga Negara di Jakarta Timur.

Penulisan daftar pustaka untuk buku tersebut yang tepat adalah ….

A.    Rosyadi, Iwan H.M. Buku Panduan Haji dan Umroh. Jakarta Timur: Pustaka Warga  Warga Negara. 2004.

B.    Rosyadi,  H. M. Iwan, 2004. Buku Panduan Haji dan Umroh.  Jakarta Timur: Pustaka Warga Negara.

C.    Rosyadi, H. M. Iwan. Buku Panduan Haji dan Umroh.  2004. Pustaka Warga Negara: Jakarta Timur.

D.    Iwan Gayo, H.M. 2004. Buku Panduan Haji dan Umroh.  Pustaka Warga Negara: Jakarta Timur.

 

7.     Judul Karya Ilmiah : Perpustakaan Multimedia dan Fungsinya

Latar belakang yang sesuai dengan judul karya ilmiah tersebut adalah ….

A.    Buku-buku merupakan koleksi perpustakaan. Penambah koleksi dapat juga dengan surat kabar, slide film strip atau rekaman video. Bahkan, perpustakaan sekarang bukan hanya berisi  bahan-bahan pustaka, tetapi juga berisi media-media lainnya yang beraneka ragam. Oleh karena itu, perlu penelitian tentang perpustakaan dan fungsinya

B.    Perpustakaan berasal dari kata “pustaka”. Arti pustaka adalah buku (kata “Library” dari bahasa Yunani). Sekarang telah mempunyai pengertian yang lain sekali. Hal itu sering dikenal dengan sebutan perpustakaan multimedia

C.    Koleksi-koleksi perpustakaan sebagian besar adalah buku-buku bahan pustaka. Para siswa maupun mahasiswa pada waktu luang akan mengunjungi perpustakaan. Di sekolah namanya perpustakaan keliling

D.    Di negara   koleksi perpustakaan telah diperluas dengan CTU, globe, peta, model, realita alat-alat permainan, ada yang paling mutakhir dengan koleksi video disc, seakan-akan buku-buku tidak lagi mendapat perhatian khusus

 

 Topik untuk nomor 8 dan 9

 

Topik : Pencemaran lingkungan akibat adanya limbah tahu

8.     Rumusan masalah sesuai dengan topik tersebut adalah …

A.    Seberapa besar dampak lingkungan terhadap limbah tahu?

B.    Apakah dampak lingkungan terhadap limbah tahu?

C.    Dampak apa saja yang akan ditimbulkan limbah tahu?

D.    Kapan limbah tahu menyebabkan pencemaran lingkungan?

 

9.     Tujuan karya tulis berdasarkan judul tersebut adalah …

A.    Untuk mengetahui apakah limbah tahu  akan mempengaruhi lingkungan hidup.

B.    Untuk mengetahui dampak apa saja yang ditimbulkan limbah tahu terhadap lingkungan hidup.

C.    Untuk mengatasi dampak yang ditimbulkan oleh limbah tahu agar tidak mencemari lingkungan hidup.

D.    Agar limbah tahu tidak berdampak pada lingkungan hidup.

 

10.  Tema          :  Belajar Penentu Masa Depan yang Cerah

Rumusan masalah yang tepat dalam karya tulis sesuai dengan tema tersebut adalah …

A.    Mengapa kecerahan masa depan berada pada belajar yang rajin?

B.    Dapatkah rajin belajar mengubah dan menentukan masa depan?

C.    Belajar yang bagaimanakah yang dapat menentukan masa depan yang cerah?

D.    Apakah belajar yang rajin itu mampu mengubah masa depan menjadi cerah?

 

11.  Judul karya tulis :  Strategi Belajar

Paragraf pengantar yang tepat untuk judul karya tulis tersebut adalah …

A.    Belajar merupakan penguasaan kompetensi. Kompetensi adalah pengetahuan keterampilan, sikap, dan nilai-nilai. Sebagai proses, belajar merupakan tindakan dan perbuatan untuk menemukan sendiri kompetensi kemudian memahami, menguasai, dan memanfaatkan dalam kehidupan.

B.    Belajar harus dilakukan secara ajek dengan jurnal yang teratur. Dalam 24 jam, waktu yang efektif untuk belajar 8 jam. Lima jam belajar di sekolah dan 3 jam belajar di rumah. Belajar di rumah memerlukan kedisiplinan yang tinggi. Dengan sadar seorang anak harus menaati jurnal belajarnya.

C.    Belajar banyak manfaatnya. Dengan belajar , wawasan siswa menjadi luas, pengetahuannya bertambah dan terampil. Manfaat ini akan tampak pada kebiasaannya berpikir dan berbuat sehari-hari. Dia selalu merasakan bahwa pengetahuan dan keterampilan amat berharga dalam hidupnya.

D.    Belajar merupakan tugas pokok seorang pelajar. Sampai saat ini masih banyak pelajar yang belum dapat menerapkan cara belajar yang efektif. Oleh karena itu, perlu adanya suatu panduan belajar yang tepat. Dengan mengetahui panduan tersebut, siswa diharapkan mampu belajar secara mandiri.


12.  Judul karya tulis : Fungsi Komunikasi dalam Pergaulan.

Rumusan masalah karya tulis berdasarkan tema tersebut adalah …

A.    Apa fungsi komunikasi dalam pergaulan?

B.    Apa yang menyebabkan komunikasi dalam pergaulan bisa berfungsi?

C.    Bagaimana komunikasi dalam pergaulan bisa berfungsi?

D.    Siapa yang memegang fungsi komunikasi dalam pergaulan?

 

13.  Judul Karya Tulis :

Pengaruh Narkoba Terhadap Perkembangan Kejiwaan.

Paragraf pengantar yang tepat berdasarkan judul karya tulis tersebut adalah …

A.    Kebiasaan mengonsumsi narkoba sangat merugikan. Kerugian itu berupa gangguan fisik dan mental. Dengan begitu, jauhilah narkoba dan jangan mencoba-coba menggunakannya. Sayangilah dirimu.

B.    Melalui berbagai media massa, kita memperoleh informasi bahwa banyak kalangan menggunakan narkoba. Para remaja, mahasiswa, bahkan pejabat ada yang terlibat penggunaan dan peredaran narkoba. Hal ini sangat memprihatinkan. Oleh karena itu perlu dirumuskan langkah-langkah penanggulangannya.

C.    Sehubungan dengan maraknya peredaran dan penggunaan narkoba di berbagai kalangan, pemerintah meningkatkan pengawasan terhadap lalu lalang pergerakan narkoba. Semua jajaran keamanan disiagakan. Termasuk tim khusus anti narkoba.

D.    Sebaiknya semua pihak harus waspada terhadap penyalahgunaan narkoba. Jangan sampai jatuh kepada orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Jika sampai lengah, kita akan menanggung akibatnya. Bangsa akan merugi.

 

14.  Rumusan masalah : Bagaimanakah Pemilu di Indonesia?

Latar belakang yang sesuai dengan rumusan masalah tersebut adalah …

A.    Pemilu merupakan kepentingan seluruh bangsa. Apalagi bangsa Indonesia yang menganut asas demokrasi dan pemerintahan. Pada usia tertentu, 17 tahun ke atas, warga negara mempunyai hak dan kewajiban turut dalam pemilu. Sampai sejauh mana pemilu dilaksanakan, inilah yang akan diungkapkan dalam karya tulis ini.

B.    Pemilihan umum adalah salah satu kewajiban dari seluruh rakyat Indonesia. Oleh sebab itu, kesadaran untuk menjadi warga negara yang baik sangatlah diharapkan karena warga negara itu sendiri sangatlah memiliki peranan penting dalam kegiatan tersebut. Untuk itu akan dibahas selanjutnya dalam karya ini.

C.    Sudah menjadi ketetapan warga Indonesia untuk memilih calon presiden dalam ajang pemilihan umum. Karenanya warga yang berusia 17 tahun ke atas wajib melaksanakan aturan yang berlaku. Untuk itu penulis akan membahas lebih lanjut mengenai pemilihan umum.

D.    Sebagai warga negara sudah seharusnya kita ikut berpartisipasi dalam ajang akbar pemilihan umum. Hal ini disebabkan adanya aturan ketetapan Undang-Undang Dasar yang wajib dilaksanakan bagi seluruh warga Negara yang berusia 17 tahun ke atas. Selanjutnya, sejarah tentang peristiwa awal mula dilaksanakan pemilu akan dibahas dalam karya tulis ini.

 

15.  IKIP Semarang Press menerbitkan buku karya Sugeng Haryadi, dengan judul Perkembangan Peserta Didik. Buku ini diterbitkan tahun 1995. Penerbit buku berkedudukan di Semarang.

Penulisan daftar pustaka yang tepat dengan identitas buku tersebut adalah …

A.    Haryadi, Sugeng. 1995. Perkembangan Peserta Didik: Semarang: IKIP Press.

B.    Haryadi, Sugeng. 1995. Perkembangan Peserta Didik. Semarang: IKIP Semarang Press.

C.    Sugeng, Haryadi. Semarang. 1995. Perkembangan Peserta Didik. IKIP Semarang Press.

D.    Sugeng, Haryadi, Perkembangan Peserta Didik. 1995. Semarang. IKIP Semarang Press.

 

16.  Rumusan Masalah karya tulis: Bagaimanakah efektivitas pupuk organik bagi tanaman?

Judul karya tulis yang tepat berdasarkan rumusan masalah tersebut adalah … .

A.    Pupuk Organik Sebagai Pengganti Pupuk Kimia

B.    Pupuk Organik Sangat Efektif bagi Tanaman

C.    Persaingan Pasaran Pupuk Organik dan Pupuk Kimia

D.    Pupuk Organik Terbukti Menyuburkan Tanaman Secara Cepat

 

17.  Pemerintah melalui Dinas Pertanian menganjurkan agar para petani menggunakan pupuk organik dalam mengolah lahan pertanian. Sebagian besar petani saat ini sudah menggunakan pupuk organik dalam mengolah lahan pertanian. Hal tersebut dilakukan karena pupuk organik ampuh untuk menyuburkan tanaman, bahkan sangat efektif membunuh hama. Di samping itu pupuk organik ramah lingkungan karena tanah yang dipupuk dengan pupuk organik akan selalu subur. Jadi sudah diakui oleh umum bahwa pupuk organik memang sangat efektif untuk pertanian.

Paragraf tersebut dalam karya tulis merupakan bagian ….

  1. pengantar
  2. rumusan masalah         
  3. simpulan
  4. latar belakang

 

18.  Latar Belakang : Sejak adanya krisis ekonomi beberapa tahun yang lalu, Kabupaten Magelang belum bisa meningkatkan kesejahteraan secara maksimal. Kegiatan perekonomian lesu dan belum pulih. Namun, dari tahun 2004 sampai sekarang menunjukkan kemajuan karena Pemerintah dengan gigih dan berbagai upaya dilakukan untuk menanggulangi kemiskinan. Ternyata usaha Pemkab Magelang tidak sia-sia.  Dilihat dari persentase keluarga miskin setiap tahun berkurang. Keluarga prasejahtera sebagian besar sudah berubah status menjadi keluarga sejahtera. Hal tersebut dapat dilihat pada data statistik di kantor Kabupaten Magelang. Dalam penelitian ini, peneliti akan menyajikan perkembangan penduduk Kabupaten Magelang dari sisi perekonomian.

 

Judul karya tulis yang tepat berdasarkan pengantar tersebut adalah …

A.    Peningkatan Perekonomian Masyarakat Kabupaten Magelang

B.    Perkembangan Kemiskinan Kabupaten Magelang

C.    Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Magelang

D.    Upaya  Pemerintah Menanggulangi Kemiskinan

 

19.  Akhir-akhir ini tingkat kecelakaan lalu lintas makin meningkat. Bertambahnya jumlah kendaraan bermotor yang memadati jalan raya dan perilaku ugal-ugalan pengendara merupakan sebab terjadinya kecelakaan.

Rumusan masalah yang sesuai dengan latar belakang tersebut adalah …

A.    Kapan tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan raya meningkat?

B.    Apa penyebab perilaku pengendara bermotor ugal-ugalan di jalan raya?

C.    Bagaimana cara menekan tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan raya?

D.    Mengapa tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan raya meningkat?

 


1 Komentar (+add yours?)

  1. Anonymous
    Jan 24, 2014 @ 04:16:37

    Hhgg

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: